Tuesday, October 11, 2011

NEW BRAND


Tahap-tahap Berhenti Merokok

Tahap 1 : Memutuskan Untuk Berhenti
Orang-orang yang telah berhenti merokok mengatakan, mereka berhenti merokok karena :
  • Rokok membunuh. Setiap tahun, 250.000 orang Indonesia mati oleh penyakit akibat merokok. Satu dari dua perokok seumur hidup akan mati. Separuh dari kematian ini terjadi di usia setengah baya.
  • Rokok penuh racun. Asap tembakau mengandung lebih dari 4000 zat kimia. Di antaranya karbon monoksida (asap knalpot), amonia (zat pada pembersih lantai), arsen (racun tikus). Sedikitnya 43 zat kimia tesebut menyebabkan kanker di seluruh bagian tubuh. Nikotin pada rokok, melambatkan aliran darah dan mengurangi pasokan oksigen ke tangan dan kaki. Sejumlah perokok berakhir dengan tungkai yang diamputasi.
  • Merokok menimbulkan berbagai penyakit. Termasuk yang disebutkan pada peringatan di tiap kemasan rokok.
  • Uang. Di satu sisi, berhenti merokok seperti mendapat kenaikan gaji sebanyak 3.500.000 rupiah setahun jika anda merokok 20 batang sehari.
  • Penampilan. Kulit yang kekurangan oksigen menjadi kering dan pucat. Kerut di sekitar mata dan mulut akan terbentuk lebih dini dan tar akan membuat gigi berwarna gelap.
  • Kesuburan dan kelahiran bayi. Pria merokok menderita lemah syahwat karena kerusakan pembuluh darah di penis. Kualitas dan kepadatan sperma juga terpengaruh oleh rokok. Pada perokok produksi sperma berkurang dan lebih banyak yang abnormal. Wanita yang merokok memerlukan waktu lebih lama untuk mengalami pembuahan dan lebih mudah mengalami keguguran.
  • Bayi. Bayi yang lahir dari ibu perokok cenderung prematur dan bayi yang terpapar asap rokok mendapat risiko lebih besar atas Sudden Death Infant.
  • Anak-anak. Anak yang orang tuanya merokok lebih mudah terkena pneumonia dan bronkitis pada tahun pertama kehidupannya. Menderita serangan asma lebih sering dan lebih parah.
  • Agama. Merokok bertentangan dengan ajaran agama apapun. Karena agama apapun melarang umatnya untuk merusak diri sendiri dan orang lain.
Tahap 2 : Bersiap Untuk Berhenti
Ada empat tahap untuk bersiap :
  1. Pahami ketagihan nikotin anda. Penelitian menunjukkan bahwa kecanduan perokok pada nikotin mirip dengan kecanduan pada heroin atau kokain. Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bawa sejumlah perokok tidak bisa berhenti meskipun mereka sudah tahu ahwa merokok merusak kesehatannya.
  2. Ketahui mengapa anda merokok. Semua perokok memiliki kebiasaan merokoknya sendiri dan kebiasaan ini sering berkaitan dengan perasaan peristiwa atau tempat tertentu seperti emosi (perasaan tertekan, kecewa, marah frustrasi), kenikmatan (untuk lebih menikmati sesuatu), tekanan sosial (merasa menjadi bagian dari banyak orang), kebiasaan (merasa terbiasa melakukan sesuatu ketika merokok), ketagihan (untuk memuaskan rasa rindu nikotin).
  3. Rencanakan cara mengatasinya. Telepon klinik berhenti merokok, kunjungi dokter, temukan teman berhenti, dan dapatkan bantuan teman dan keluarga. Cobalah : Bersih-bersih sebelum anda berhenti merokok. Bersihkan rumah, kendaraan dan tempat kerja pokoknya tempat apapun yang membuat anda ingin merokok. Buanglah rokok, pemantik api, dan asbak
  4. Tetapkanlah waktu untuk berhenti. Kalau tidak ada waktu yang lebih baik, tetapkanlah waktunya dalam satu atau dua minggu dari saat ini.
Tahap 3 : Berhenti
Cara Berhenti
  • Berhenti Total – yang berarti berhenti seketika dan langsung menjadi bukan perokok lagi. Cara ini merupakan cara yang paling berhasil untuk sebagian besar perokok.
  • Berhenti Bertahap – dengan cara mengurangi jumlah rokok atau menunda keinginan merokok satu jam sehari. Jika anda memilih berhenti secara bertahap, tentukanlah bahwa anda suda dapat berhenti sama sekali dalam 1 atau 2 minggu sejak mulai berhenti.
Pahami Gejala-gejala Menderita Karena Ketagihan (Withdrawal Effects)
Gejala ini merupakan cara tubuh bereaksi ketika pasokan nikotin dan zat-zat kimia lain dihentikan. Gejala-gejala tersebut merupakan gejala perbaikan. Sejumlah gejala akan datang dan ilang dalam beberapa hari, sebagian besar dalam 2 sampai 3 minggu. Gejala emosional seperti cemas dan tersiksa berkaitan juga dengan reaksi fisik terhadap hilangnya nikotin dalam tubuh.
Gejala perbaikan yang umum adalah :
  • Ketagihan. Biasanya berlangsung dalam waktu singkat tapi kuat. Makin lama, rasa ketagihan makin jarang.
  • Sakit kepala
  • Mual, mencret, sakit kerongkongan selama kurang dari 4 hari
  • Pola tidur berubah, mimpi aneh. Namun kebanyakan orang justru jadi lebih baik tidurnya
  • Batuk – yang berarti rambut getar dalam paru-paru anda mulai berfungsi kembali dan sedang memersihkan nikotin dan lendir
  • Merasa tertekan atau cemas – akan berkurang dalam 1-3 minggu
  • Kenaikan nafsu dan berat badan -sifatnya sementara
Lawan rasa ketagihan dan Ingat TAMLI
  • Tunda perbuatan yang menunjukkan keinginan kuat untuk merokok. Jangan buka bungkus rokok atau menyalakan rokok. Setelah 5 menit keinginan merokok akan hilang dan keinginan untuk berhenti muncul kembali
  • Ambil nafas dalam-dalam. Hirup udara dengan nafas yang panjang dan perlaan-lahan ke dalam. Setelah itu, perlahan-lahan hembuskan udaranya keluar lagi. Ulangi sebanyak 3 kali.
  • Minum air putih. Hirup perlahan-lahan, tahan di dalam mulut sedikit lebih lama untuk menikmati rasanya.
  • Lakukan hal lain. Buang pikiran tentang rokok dengan mendengarkan musik, pergi berjalan, atau menelepon teman.
  • Insyaf. Merokok bertentangan dengan ajaran agama apapun, bukan hanya Islam.
Menghisap ‘hanya satu’ sering menjadi sebab kembali menjadi perokok tiap hari. Berhenti berarti melawan keinginan menghisap meskipun anya satu, melawan rasa ketagihan, kebiasaan b uruk, tekanan dan alasan-alasan emosional anda.
Teh, kopi, dan minuman kola mengandung kafein dan membuat tubuh anda menyerap zat ini dalam jumlah banyak, membuat terjaga teriritasi dan tidak dapat tidur sementara waktu. Kurangi jumlah konsumsi minuman jenis ini. Ganti dengan air putih atau jus buah.
Hargailah diri sendiri. Beri ucapan selamat pada diri anda setiap kali anda berasil mengalahkan keinginan untuk merokok
Gunakan hari. Keluarkan catatan anda tentang alasan-alasan berhenti dan hal-hal yang ingin anda lakukan sebagai bukan perokok.
Tolak tawaran rokok
Sibukkan tangan kosong anda dengan benda lain. Coba mainkan pensil, gantungan kunci, atau bawalah tasbih.
Hindari minuman alkohol dan zat berbahaya lain agar kesempatan untuk berhasil menjadi lebih besar.
Tahap 4 : Tetap Menjadi Bukan Perokok
Temukanlah cara untuk mengatasi tekanan dan emosi yang sulit. Seperti menyanyi, bermain musik, berolah raga, yoga.

Tips untuk Melalui Masa Sulit



Temukan cara baru untuk bersantai
1. Bernafas dalam-dalam dan pelan-pelan
2. Rilekskan tubuh dan jiwa dengan cara berikut :
  • Rebah atau duduk dalam posisi yang nyaman
  • Tutup mata anda dan ambil napas dalam-dalam beberapa kali
  • Rapatkan kaki dan jari-jari selama 3 detik kemudian rilekskan kaki dan jari itu. Ulangi latihan ini dengan otot-otot anda, lambung anda, tangan dan bahu anda.
  • Pikirkan tentang sesuaty yang membuat santai seperti berbaring di bawah pohon rindang, berbaring di padang rumput luas sambil memandangi bintang, tidak ada yang perlu dilakukan saat ini kecuali membiarkan batin anda berkelana
  • Ketika telah merasa santai dan siap, bukalah mata dan bawalah perasaan-perasaan baik bersama anda
3. Mintalah teman untuk memijat leher dan bahu
4. Buatlah perubahan dalam kegiatan rutin anda
  • Bangun lebih pagi dari biasanya dan bergerak-jalan pagi.
  • Pilih kursi lain untuk nonton TV sambil makan pop corn
  • Sediakan pena atau kertas dekat telpon, sediakan bola karet lunak di mobil, sehingga tangan anda selalu punya sesuatu untuk dimainkan baik saat bicara di telepon atau saat jalan macet.
  • Hindari minum alkohol dan zat berbahaya atau menimbulkan kecanduan.
5. Berolah raga. Hal ini dapat sesederhana seperti turun di satu pemberhentian bis sebelum pemberhentian bis tujuan kita dan berjalan kaki. Atau lebih menggunakan tangga daripada lift.

FAKTA SEPUTAR BERHENTI MEROKOK

FAKTA 1
Berhenti merokok pada usia berapapun akan memberi manfaat kesehatan yang besar dan segera. Hal ini berlaku baik untuk orang dengan maupun tanpa penyakit yang disebabkan merokok.
FAKTA 2
DUA JAM setelah berhenti, semua nikotin keluar dari dalam sistem tubuh anda. Dalam waktu sekitar 2 hari, semua hasil sampingan nikotin telah dibuang keluar.
FAKTA 3
Dalam beberapa jam setelah berhenti, karbon monoksida keluar dari dalam sistem tubuh anda. Setelah beberapa bulan, paru-paru anda bekerja lebih baik, anda dapat bekerja lebih banyak dengan nafas kuat.
FAKTA 4
Berhenti merokok mengurangi risiko terkena stroke dan bronkitis kronik. Ini penting terutama untuk wanita yang memakai pil kontrasepsi yang risiko terkena stroke-nya naik 10 kali lipat akibat merokok.
FAKTA 5
Dalam DUA hari setelah berhenti, tunas-tunas pengecapan (taste buds) anda hidup kembali dan rasa penciuman anda membaik. Nafas, rambut, kuku, gigi dan pakaian anda menjadi lebih bersih.

Sumber :
Stop Merokok Sebab Anda Bisa oleh Drg. R. Wasis Sumartono, Sp.KG

0 comments: